SEO, SEM, dan sosial media merupakan sebagian saja dari digital marketing. Sebelum membahas lebih dalam, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu digital marketing. 🤓

Apa itu Digital Marketing?

Digital marketing merupakan pemasaran dengan menggunakan media digital, perangkat elektronik maupun internet. Tujuannya sama seperti marketing pada umumnya, yaitu menjangkau sebanyak-banyaknya target customer. Akses pada digital marketing beragam mulai dari website, blog, sosial media (Instagram, Facebook, Twitter) dll.

Berikut poin-poin dalam digital marketing yang akan saya bahas:

  • SEO (Seach Engine Optimizer)
  • SEM (Search Engine Marketing)
  • SMM (Social Media Marketing)
  • Content Marketing
  • Email Marketing

SEO (Search Engine Optimization)

SEO atau optimasi mesin pencari adalah suatu teknik yang dilakukan agar website atau blog Anda dapat berada pada di halaman utama SERP (Search Engine Result Page) contoh: halaman Google, atau Bing (pernah pakai Bing?).

SEO dibagi menjadi dua kategori: 

-On-site, merupakan optimasi yang dilakukan dalam website kita sendiri.

Mulai dari page title, meta, sampai dengan keyword merupakan hal yang penting dalam SEO on-site. 

-Off-site, adalah optimasi dari luar situs website. 

Link building, Yaitu membangun external link pada website luar menuju ke website Anda. Pada dasarnya, dengan semakin banyaknya backlink akan membuat website Anda semakin disukai oleh Google.

SEM (Search Engine Marketing)

SEM merupakan strategi marketing dengan cara beriklan, baik pada halaman pencarian google maupun website orang lain. Dengan SEM, campaign kita akan meraih lebih banyak calon pelanggan dan juga menaikan tingkan konversi penjualan kita. Anda dapat menggunakan Google Ads untuk melakukan SEM.

SMM (Social Media Marketing)

SMM adalah strategi marketing yang dilakukan melalui platform sosial media tertentu. Media sosial populer di Indonesia. Dengan memanfaatkan sosial media, tentunya Anda dapat mengembangkan bisnis Anda. Adanya sistem iklan/ads dapat membantu Anda menjangkau calon pelanggan contoh: Instagram Ads, Facebook Ads, dan kabarnya Whatsapp juga akan segera mempunyai sistem periklanan.

Content Marketing

Mau Punya banyak traffic, tapi tidak mau keluar biaya banyak untuk iklan 😲? Jaman sekarang, content marketing merupakan strategi marketing yang dipakai banyak orang. Bagaimana cara kerjanya? Dengan content marketing, para calon pelanggan yang melakukan pencarian dapat bertemu dengan konten produk Anda. Selain meningkatkan traffic website, tentunya juga akan meningkatkan angka penjualan Anda. Itu sebabnya content marketing sangat efektif dan “seringkali” menjadi lebih murah dari strategi SEM.

Email Marketing

Email marketing merupakan pemasaran menggunakan email sebagai medianya. 2019, semua orang pastinya memiliki email. Mulai dari sekedar syarat membuat akun game, sampai email perusahaan (profesional). Email Marketing merupakan cara yang sangat efektif untuk membangun koneksi dengan calon pelanggan Anda. 

Kesimpulan

Digital marketing sudah banyak sekali dilakukan oleh perusahaan maupun pemilik toko online. Lalu strategi mana yang harus saya jalankan untuk bisnis saya? Tergantung, faktor biaya, waktu, resource dan lain-lain dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih strategi mana yang pas untuk Anda. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *